Gotong-Royong

<< Selamat atas Pelantikan Muhammad Rizal sebagai Direktur Perusahaan Daerah Kabupaten Sumbawa Barat 2020-2024>>

Minggu, 15 September 2019

Selamat Hari Demokrasi Internasional, 15 September 2019

Hari Demokrasi Internasional memberikan kesempatan untuk meninjau keadaan demokrasi di dunia. Demokrasi adalah proses sebanyak tujuan, dan hanya dengan partisipasi penuh dan dukungan dari komunitas internasional, badan pemerintahan nasional, masyarakat sipil dan individu, dapat cita-cita demokrasi menjadi kenyataan untuk dinikmati oleh semua orang, di mana saja .

Nilai-nilai kebebasan, penghormatan terhadap hak asasi manusia dan prinsip penyelenggaraan pemilu berkala dan murni dengan hak pilih universal adalah elemen-elemen penting dari demokrasi. Pada gilirannya, demokrasi menyediakan lingkungan alami untuk perlindungan dan realisasi hak asasi manusia yang efektif. Nilai-nilai ini diwujudkan dalam Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia dan dikembangkan lebih lanjut dalam Perjanjian Internasional tentang Hak Sipil dan Politik yang mengabadikan sejumlah hak politik dan kebebasan sipil yang mendasari demokrasi yang bermakna.

Kaitan antara demokrasi dan hak asasi manusia dicakup dalam pasal 21 (3) Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia, yang menyatakan:

“Keinginan rakyat akan menjadi dasar dari otoritas pemerintah; ini akan diekspresikan dalam pemilihan umum berkala dan murni yang akan dengan hak pilih universal dan setara dan harus dilakukan melalui pemungutan suara rahasia atau dengan prosedur pemungutan suara gratis yang setara. "

Hak-hak yang diabadikan dalam Kovenan Internasional tentang Hak Ekonomi, Sosial dan Budaya dan instrumen hak asasi manusia berikutnya yang mencakup hak-hak kelompok (misalnya, masyarakat adat, minoritas, penyandang cacat) sama pentingnya untuk demokrasi karena menjamin distribusi kekayaan yang adil, dan kesetaraan dan kesetaraan dalam hal akses ke hak-hak sipil dan politik.

Selamat Hari Demokrasi Internasional, 15 September 2019.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar