Gotong-Royong

<< Selamat atas Pelantikan Muhammad Rizal sebagai Direktur Perusahaan Daerah Kabupaten Sumbawa Barat 2020-2024>>

Jumat, 08 Oktober 2010

Alternatif Pengendalian Gulma Aquatik Lebo Taliwang


Tumbuhan merupakan bagian penting dari kualitas air, juga merupakan keanekaragaman ekosistem air. Tumbuhan air mempunyai peranan penting dalam memelihara integritas danau, kolam, dan sungai bagi ikan, satwa liar, organisme lain, dan kehidupan manusia (Getsinger, Kurt Et al, 2005). Secara spesifik, peranan tumbuhan air antara lain:
·         Sebagai habitat dan sumber makanan bagi ikan, ivertebrata, ampibi, dan burung air
·         Sebagai makanan untuk satwa liar dan mamalia
·         Sebagai medium tempat pemijahan telur berbagai jenis ikan, invertebrata, dan binatang ampibi
·         Memproduksi oksigen
·         Melindungi sempadan sungai,
·         Menstabilisasi temperatur, cahaya dan fungsi ekosystem
·         Mendaur ulang nutrien dan memperlambat pengangkutan sedimen.

Keseimbangan alami antara vegetasi dan organisme air lainnya akan terganggu ketika tumbuhan invasif dari  bagian dunia atau negeri lainnya masuk ke suatu danau, sungai, atau reservoir, dan menjadi gulma yang mengganggu. Gulma merupakan tumbuhan yang berkembang secara tidak terkendali dan merupakan gangguan bagi hewan atau tumbuhan lain. Gulma merupakan sesuatu yang tidak dikehendaki keberadaannya di suatu wilayah. Pengelolaan gulma sering diperlukan untuk merestorasi keseimbangan ketika tumbuhan tersebut eksotis/invasif. Spesies tumbuhan gulma dapat meningkat secara dramatis dan menyaingi keanekaragaman vegetasi yang alami dan merubah habitat, aktivitas ikan dan satwa liar lainnya. Keberadaan vegetasi yang invasif bertentangan dengan aktivitas rekreasional seperti pemancingan, berperahu dan berenang; mengurangi nilai kepemilikan tanah, dan tidak cocok dengan kegiatan menikmati keindahan sumberdaya alam perairan. Meskipun vegetasi asli dapat berkembang pada level gangguan tertentu, dalam beberapa keadaan pengelolaan tetap menjadi tindakan yang diperlukan.
Berbagai spesies tumbuhan air selama ini telah menimbulkan masalah yang serius di berbagai negara. Dalam banyak kasus, permasalahan ini terjadi karena pertumbuhan spesies yang pesat dan ketiadaan predator memungkinkannya sebagai pemangsanya. Pertumbuhan populasi gulma yang  berlebihan ini dapat menyebabkan beberapa dampak (Getsinger, Kurt Et al, 2005), antara lain:
·         Memburuknya habitat ikan dan satwa lanilla;
·         Menghilangnya potensi habitat ikan, satwa lainnya serta spesies langka;
·         Memburuknya kondisi lahan basah dan kualitas air;
·         Menyusutnya nilai area permukaan air untuk aktivitas rekreasi seperti pemancingan dan berperahu;
·         Berkurangnya nilai kepemilikan tanah yang bersebelahan dengan habitat air yang memburuk;
·         Menghalangi pelayaran komersil;
·         Mengganjal pompa, pintu air, industri pertanian dan persediaan air untuk rumah tangga; dan
·         Mengurangi kapasitas reservoir.

Atas dasar semua  pertimbangan ini , pengendalian dan pengelolaan gulma air yang invasif sangat penting dilakukan. Berdasarkan berbagai pengalaman pemulihan kondisi perairan danau di berbagai negara. Ada 4 (empat) metode yang umum dipakai (Gibbons, et. al, 1994; Angelo, 1998; Getsinger, Kurt Et al, 2005; Peterson dan Lee, 2005), di antaranya:
1.      Secara biologis
2.      Secara fisik
3.      Secara mekanik
4.      Secara kimia

Keempat metode tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pemilihan metode yang paling tepat untuk menangani masalah gulma air tersebut disesuaikan dengan jenis gulma, kondisi (fisik, biologi dan kimia) perairan danau, tingkat permasalahan, dan kemampuan pendanaan yang tersedia. Berikut ini akan dipaparkan berbagai metode dan teknik yang pernah dikembangkan di beberapa negara dalam penanganan gulma secara terperinci.

Pengendalian secara biologis
Pengendalian secara biologis dilakukan oleh manusia, parasit, predator atau pathogen dalam lingkungan tertentu untuk menekan pertumbuhan beberapa jenis gulma  atau hama yang ditargetkan. Pengendalian secara biologis dapat dilakukan dengan mengurangi populasi gulma air yang invasif guna menurunkan tingkat populasinya yang disesuaikan dengan habitat ikan dan satwa lainnya atau disesuaikan dengan pemanfaatan badan air tersebut misalnya untuk keperluan rekreasi. Oleh karena itu, tujuan pengendalian secara biologis amat sesuai dengan pengelolaan gulma air terpadu,  yaitu bukan berwujud eradikasi atau eliminasi total atas area tertentu.
Pengendalian secara biologis merupakan suatu pendekatan jangka panjang untuk menekan pertumbuhan spesies tumbuhan yang berlebihan. Kelemahan penggunaan pengendalian secara biologis adalah hasilnya akan cukup efektif diperoleh setelah beberapa tahun. Metode penekanan jangka panjang seperti ini sangat baik diterapkan pada area dengan prioritas rendah, pada lokasi dimana penggunaan strategi pengendalian yang lain akan mengalami biaya yang sangat mahal atau dilakukan secara bersamaan dengan metode pengendalian yang lain yang dampaknya jangka pendek, misalnya digunakan secara bersamaan dengan metode mekanik atau dipadukan dengan pengendalian secara kimia (Getsinger, Kurt Et al, 2005).
Ada banyak organisme telah dipertimbangkan sebagai agen pengendalian secara biologi, di antaranya triploid steril ikan koan atau sering disebut amur putih (Ctenopharyngodon idella) untuk mengendalikan beberapa jenis ganggang. Pengendalian Salvinia sp. dengan menggunakan Cyrtobagous singularis. Demikian juga eceng gondok (Eichhornia crassipes) dapat dikendalikan secara biologis dengan kumbang penggerek Neochetina bruchi dan Neochetina eichhorniae. Sedangkan jamur atau fungi yang berpotensi dapat mengendalikan gulma secara biologis ialah Uredo eichhorniae untuk eceng gondok, Myrothesium roridum untuk kiambang, dan Cerospora sp. untuk apu-apu. Di samping pengendalian biologis juga dapat dilakukan terhadap berbagai species-species dengan penggunaan ternak.
Ikan koan  (Ctenopharyngodon idella)  sebagai agen pengendali gulma secara biologis   
(Sumber gambar: www.ecy.wa.gov)
Pengendalian secara fisik:
a. Pemungutan dengan tangan
Pemungutan gulma air dengan tangan serupa dengan kegiatan penyiangan gulma yang sering dilakukan di kebun atau di sawah yaitu memindahkan seluruh bagian tumbuhan (daun, batang, dan akar) dari danau dan membuangnya ke area lain yang jauh dari sempadan. Di dalam air yang dangkal (kurang dari 1 meter) mungkin tidak diperlukan peralatan khusus, walaupun sejenis sekop, garpu. Pisau atau sabit mungkin diperlukan jika sedimennya berat. Di dalam air lebih dalam, pemungutan dengan tangan paling baik dilengkapi dengan beberapa peralatan selam dan kantong jaring untuk mengumpulkan bagian-bagian potongan gulma. Untuk beberapa lokasi mungkin tidak cocok dengan menggunakan tangan seperti area yang sedimennya dalam karena dapat menyebabkan seseorang tertanam di dalam sedimen.
Pemungutan Gulma Air dengan Tangan
(Sumber gambar: www.ecy.wa.gov)

b. Pemangkasan
Memangkas berbeda dengan penyiangan gulma dengan tangan. Tidak semua bagian tumbuhan dapat dipindahkan, karena dengan pemangkasan hanya dilakukan terhadap batang dan daun tumbuhan saja, sedangkan akarnya tertinggal di dalam dasar danau atau sedimen.
Memangkas dapat dilakukan tanpa dengan harus masuk ke dalam air, cukup dilakukan di sempadan dengan melemparkan alat pemangkas ke dalam air. Alat pemangkas gulma non-mekanik dapat berupa dua bagian mata pisau tunggal dari bahan baja anti-karat yang tajam berbentuk "V" yang dihubungkan dengan satu tangkai yang diikat dengan tali yang panjang. Alat pemangkas tersebut dapat dibuang hingga 60-100 meter ke dalam air sesuai dengan panjang tali yang terpasang. Alat pemangkas dapat ditarik di dalam air dan memotong seluas 48 inch. Tumbuhan yang terpotong kemudian mengapung ke permukaan dan dapat segera dipindahkan ke darat.
Alat Pemangkas Gulma Air Berbentuk "V"
(Sumber gambar: www.ecy.wa.gov)

c. Menggaruk
Penggaruk yang kokoh menjadi alat yang berguna untuk pemindahan gulma air. Dengan memasang tali pada penggaruk dapat memindahkan gulma pada areal yang lebih luas. Menggaruk tumbuhan dari sedimen, mematahkan beberapa bagian tumbuhan air termasuk juga bagian akarnya. Penggaruk dilengkapi dengan pelampung agar bagian-bagian tumbuhan dapat lebih mudah dikumpulkan.
Kegiatan Pemungutan Gulma Air dengan Alat Penggaruk 
(Sumber gambar: www.ecy.wa.gov)
                                        
d. Layar Penutup Dasar Sedimen
Layar dasar atau penghalang bentik dapat digunakan menutupi sedimen sebagai selimut yang memampatkan tumbuhan air dan mengurangi/menghalangi cahaya matahari sampai ke dasar sedimen. Layar dasar dapat mengendalikan kebanyakan gulma air, namun demikian, untuk jenis gulma yang terapung bebas seperti ganggang Hydrilla tidak akan dapat dikendalikan oleh layar dasar.
Material seperti burlap, plastik, mylar hitam, dan tenun sintetis dapat digunakan sebagai layar dasar. Bahan yang ideal dijadikan sebagai layar dasar harus berasal dari bahan yang tahan lama dan massanya lebih berat dibanding air, dapat mengurangi atau menghalangi cahaya sehingga mampu mencegah tumbuhan berkembang, serta mudah dipasang dan dirawat.
Pemasangan Alas Dasar Penutup Sedimen
(Sumber gambar: www.ecy.wa.gov)

Agar layar dasar aman dan tidak terangkat ke permukaan atau melayang di perairan, sangat penting dipasangkan jangkar meskipun layer dasar tersebut berasal dari jenis bahan yang paling menyerap air. Jangkar yang terpasang harus mampu secara efektif memelihara layar dasar. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengontrolan secara teratur. Bahan alami seperti batu atau karung berisi pasir lebih baik dijadikan sebagai jangkar.

e. Pengurasan air
Ganggang kadang-kadang dapat secara efektif dikendalikan ketika badan air dikeringkan dengan pelepasan air melalui struktur pengendali level permukaan air (bendungan atau tanggul) atau dengan pemompaan. Efektivitas pengendalian ganggang ditentukan oleh beberapa faktor yang mencakup jumlah dalam badan air, jangka waktu pengeluaran, keberadaan mata air, dan cuaca pada saat pengurasan.
Keberhasilan pengurasan dalam mengendalikan ganggang sangat bervariasi dari danau ke danau dan dari tahun ke tahun di dalam badan air yang sama.

Pengendalian Secara Mekanis
Prosedur pengendalian secara mekanik telah digunakan secara luas dalam upaya pengendalian gulma air, terutama untuk jenis gulma yang eksotis dan invasif.
Beberapa perusahaan komersil telah mengembangkan peralatan tangan yang tanpa mesin maupun bermesin yang dirancang secara khusus untuk menghilangkan gulma air yang tenggelam (submersed weeds). Metode mekanis dan phisik dapat sukses, tetapi beberapa isu harus dipertimbangkan ketika menyusun perencanaan program pengendalian dengan peralatan tersebut.
Banyak gulma air yang tenggelam (submersed weeds) tersebar melalui fragmentasi. Sangat penting untuk diiingat bahwa memindahkan gulma air bisa jadi dapat meningkatkan erosi pada garis pantai danau, karena akar tanaman tidak tersedia untuk menstabilkan sedimen dan mendiamkan riak gelombang. Dalam beberapa situasi, untuk mencegah masalah ini, vegetasi asli harus diremajakan sebagai pengganti gulma yang dihilangkan. Hal ini akan membantu menstabilkan garis sempadan, dan dapat menghalangi pertumbuhan kembali berbagai jenis gulma eksotis.

a. Mesin Pemanen dan Pemotong
Mesin pemanen adalah mesin besar yang memotong dan mengumpulkan gulma air. Tumbuhan yang terpotong dipindahkan dari air oleh sistem konveyor dan menyimpannya  pada mesin pemanen sampai di tempat pembuangan. Sebuah tongkang disiapkan pada lokasi yang berdekatan dengan lokasi pemanenan sebagai tempat penyimpanan gulma sementara  atau disimpan dalam mesin pemanen gulma yang telah dipotong ke pantai. Peralatan stasiun pantai pada umumnya merupakan konveyor pantai yang dihubungkan dengan mesin pemanen dan mengangkat gulma yang telah dipotong ke tempat sampah. Gulma yang telah dipanen dibuang ke TPA (landfills), selanjutnya diolah dan digunakan sebagai pupuk kompos.
Mesin Pemanen dan Pemotong Gulma
(Sumber gambar: www.ecy.wa.gov)

b. Rotovasi
Rotovasi adalah pengendalian gulma secara massif dengan menggunakan mesin rotovator yaitu mesin bertungkai yang dilengkapi dengan tongkang yang menjulang sekitar 8-10 inci, lebih rendah dari kepala tungkai yang bisa masuk ke dalam sedimen yang biasa digunakan untuk memburu akar. Proses mekanis yang dihasilkan oleh tungkai dengan pisau yang tajam dapat memburu akar dari sedimen dan akar yang guncang secara masif akan mengapung ke permukaan air.
Rotovasi sering digunakan pada dua musim pengendalian secara penuh. Berbeda dengan mesin pemanen (hervester), rotovator tidak mempunyai kemampuan untuk mengumpulkan gulma.
Rotovasi merupakan cara mekanis untuk menghilangkan gulma jenis ganggang untuk menyediakan areal perairan terbuka bagi kegiatan rekreasi dan navigasi. Badan air yang cocok untuk dilakukan rotovasi termasuk danau atau sungai yang luas dengan sebaran gulma yang cukup luas, baik digunakan untuk populasi ganggang air yang mana eradikasi tidak dapat dijadikan pilihan.
Sejak awal program rotovasi diterapkan menelan biaya yang sangat mahal, dilakukan pada populasi danau yang luas atau didorong oleh pemerintah daerah untuk membagi biaya-biaya yang krusial. Karena biaya yang dibutuhkan sangat mahal, dan membutuhkan berbagai perizinan, rotovasi tidak menjadi kegiatan pengendalian yang menyebar luas di Washington atau wilayah lain di Amerika.
Rotovasi tidak direkomendasikan dilakukan di badan air yang baru ditumbuhi ganggang karena dapat menciptakan fragmentasi dan meningkatkan sebaran ganggang di sepanjang badan air. Sebab rotovasi dan kekeruhan berdampak bagi keseluruhan badan air, haruslah dilakukan sesuai dengan rencana pengendalian gulma air secara terpadu.
Rotovator 
(Sumber gambar: www.ecy.wa.gov)

Faktor yang dipertimbangkan manakala mendisain penggunaan metode rotovasi meliputi:
·         Permukaan area badan air (lebar dan kedalamannya);
·         Luas areal yang ditumbuhi gulma;
·         Kontur dasar dan keliling dasar seperti tunggul, batu karang, dan bekas peninggalan lain;
·         Pola lalu lintas perairan,
·         Arah angin;
·         Lokasi peluncuran rotovator dan pemilihan lokasi;
·         Tipe sedimen;
·         Pengembangan sempadan; dan
·         Areal yang sensitif (habitat yang kritis).

c. Kapal Keruk dan Penyelam
Pengerukan oleh penyelam merupakan metode pengerukan dengan menggunakan peralatan selam berupa  pipa karet yang terkait dengan kapal keruk kecil untuk menghisap material tumbuhan dari sedimen. Tujuan pengerukan oleh penyelam adalah untuk memindahkan semua bagian tumbuhan termasuk akarnya dari dalam air ke tempat lain. Operator yang baik dapat memindahkan tumbuhan tertentu secara selektif dan akurat, seperti ganggang, sedangkan jenis tumbuhan asli tidak disentuh. Pengisapan material tumbuhan dan sedimen dengan pompa pipa karet ke permukaan yang kemudian disimpan ke dalam keranjang jaring.
Pemanduan Selang Pipa Kapal Keruk
oleh Penyelam (Sumber gambar: www.ecy.wa.gov)

Air dan sedimen dikembalikan lagi ke air dan material tumbuhannya disimpan atau dapat diolah menjadi pupuk kompos. Tumbuhan diletakkan di pantai. Penyelam Pengerukan akan lebih efektif  jika sedimen lebih lembut karena gampang dipindahkan secara keseluruhan tumbuhan, walaupun kekeruhan airnya meningkat pada sedimen lebih lembut. Pada sedimen lebih keras memerlukan penggunaan alat atau pisau untuk membantu membongkar perakaran dari sedimen. Di dalam sedimen yang sangat keras, tumbuhan ganggang cenderung patah dan meninggalkan akarnya sehingga seringkali tidak sesuai dengan tujuan pengerukan oleh penyelam.

d. Mesin Pemangkas
Mesin pemangkas gulma mampu memangkas tumbuhan air beberapa meter di bawah permukaan. Mesin ini berbeda dengan mesin pemanen, dengan menggunakan alat ini, tumbuhan yang dipangkas tidak dikumpulkan selagi mesin bekerja.
Ada 2 tipe pemangkas gulma bawah air komersial yang tersedia di pasar, yaitu:
·         Unit perahu portable pemangkas
·         Mesin pemangkas khusus bawah air

Kegiatan pemangkasan biasanya dilakukan selama musim panas selagi tumbuhan berada di dekat permukaan air.
Perahu portable yang dilengkap mesin pemangkas
(Sumber gambar: www.ecy.wa.gov)
Mesin Pemangkas khusus bawah air
(Sumber gambar: www.ecy.wa.gov)

Memangkas menghasilkan tumbuhan yang mengapung dan fragmen. Adalah penting untuk memindahkan semua bagian tumbuhan dan fragmen dari air untuk mencegahnya tumbuh kembali atau mengapung ke arah sempadan. Pembersihan dapat dilakukan dengan menggunakan alat penggaruk gulma. Karena itu, jaring khusus perlu dirancang untuk digunakan bila menggunakan mesin pemangkas bawah air ini. Waktu pembersihan gulma yang tepat amat tergantung pada kepadatan, jenis tumbuhan dan luasan area yang akan dipangkas. Ada beberapa keuntungan menggunakan mesin pemangkas ini, antara lain:
·         Dengan menggunakan mesin pemangkas dapat menciptakan area perairan terbuka secara cepat.
·         Mesin pemangkas dapat dipakai di dalam air yang tidak dapat dilakukan oleh mesin pemanen lain yang berukuran lebih besar.
·         Habitat ikan dan organisme lain dapat dipertahankan bila tumbuhan tidak dipangkas terlalu pendek.
·         Harga mesin pemangkas ini pada hakekatnya lebih murah dibandingkan dengan mesin pemanen.

Kerugian menggunakan mesin ini antara lain bahwa kegiatan memangkas mirip dengan kegiatan menyiangi tumbuhan dan akan memungkinkan tumbuhan tumbuh kembali. Oleh karena itu perlu dilakukan beberapa kali pemangkasan sepanjang musim. Beberapa spesies tumbuhan air sukar dipangkas dengan mesin ini, selain itu, memangkas dengan mesin ini dapat menciptakan fragmen tumbuhan yang dapat menyebarkan tumbuhan invasif seperti ganggang. Fragmen ini kemudian mengapung ke sempadan danau dan mengalami dekomposasi.

Pengendalian Secara kimia
Penggunaan bahan-kimia yang dikenal sebagai herbisida dalam pengendalian spesies tumbuhan gulma hadir sebagai salah satu pilihan yang efektif dan telah digunakan secara luas. Pengendalian gulma air yang invasif dengan herbisida sering menjadi tahapan pertama jangka panjang dalam program pengendalian gulma secara terpadu. Dalam 15-20 tahun terakhir peninjauan kembali label registrasi herbisida dan penggunaannya di lapangan telah mengalami perubahan yang signifikan dalam rangka mengakomodasi keselamatan, kesehatan, dan kepedulian lingkungan (Getsinger, Kurt Et al, 2005).
Herbisida merupakan bahan kimia yang digunakan untuk mengendalikan tumbuh-tumbuhan yang menyebabkan kematian atau sangat menekan pertumbuhan. Campuran ini mengandung bahan aktif yang dipadukan ke dalam berbagai formula herbisida komersial. Herbisida merupakan komponen penting dalam rencana dan praktek pengelolaan gulma terpadu dan karena sangat efektif, terpercaya, selektif terhadap spesies tertentu, hemat biaya, dan mudah digunakan. Penerapannya dalam formula tertentu dengan berbagai peralatan, mulai dari penggunaan pesawat udara sampai dengan semprotan tangan (Lembi, 2003).
Namun demikian, penggunaannya dalam pengendalian gulma danau harus dilakukan dengan memperhitungkan segala kemungkinan terutama menyangkut bahaya dan efek negatif yang ditimbulkannya.
Penyemperotan Herbisida
untuk Membasmi Gulma Air (Sumber gambar: www.ecy.wa.gov)

Herbisida untuk tumbuhan air disemprotkan secara langsung ke bagian tumbuhan air (baik yang floating maupun emerged) atau  diaplikasikan ke air dalam bentuk cairan atau butiran (granular). Menurut cara kerjanya hebisida digolongkan ke dalam 2 kelompok yaitu sistemik dan kontak. Herbisida sistemik mampu membunuh seluruh bagian tumbuhan, sedangkan herbisida kontak hanya menyebabkan bagian-bagian tumbuhan yang terkena herbisida mengalami kematian sedangkan bagian lainnya bisa tumbuh kembali. Sedangkan menurut target jenis tanaman yang mampu dibasmi herbisida dibagi ke dalam 2 kelompok yaitu herbisida non-selektif dan selektif. Herbisida non-selektif mempunyai spektrum pengaruh yang luas terhadap semua jenis tumbuhan yang terkontaminasi dengannya. Sedangkan herbisida selektif hanya akan berpengaruh terhadap beberapa jenis tumbuhan (biasanya dikotil berdaun lebar seperti ganggang Eurasian watermilfoil (Myriophyllum spicatum) akan efektif dengan herbisida selektif sedangkan monokotil seperti Brazilian elodea (Egeria densa) bisa jadi tidak efektif). Kebanyakan tumbuhan air merupakan jenis monokotil.
Pengetahuan penggunaan herbisida penting sebagai pegangan dalam menjaga keselamatan baik pengguna herbisida maupun lingkungan sekitarnya. Di samping itu pengetahuan yang baik tentang herbisida dapat meningkatkan efektifitas kerja. Ada beberapa hal penting yang akan diperhatikan di antaranya cara memilih, menyimpan, dan menggunakan herbisida.
Untuk memilih herbisida yang tepat kita perlu mengetahui jenis tanaman yang pasti, karena formulasi herbisida hanya efektif terhadap jenis tumbuhan tertentu. Pada kemasan herbisida terdapat label yang berisikan informasi jenis-jenis tumbuhan yang dapat dikendalikan cara menggunakan, dan bahaya yang dapat ditimbulkan oleh herbisida tersebut.
Pada setiap kemasan herbisida biasanya dicantumkan nama bahan aktifnya serta dosis yang digunakan untuk setiap liter campuran air. Untuk alasan keamanan, hanya herbisida yang telah terdaftar resmi yang penggunaannya direkomendasikan, karena herbisida tersebut telah diuji kemampuan dan telah diketahui bahaya yang ditimbulkan.
Ada beberapa jenis herbisida yang sering digunakan dalam memberantas gulm air di antaranya fluridone, 2,4-D, glyphosate, endothall dan senyawa tembaga.
Fluridone adalah suatu herbisida sistemik yang membunuh keseluruhan tumbuhan dan biasanya  tidak selektif sejak tumbuhan yang paling submersed akan dimatikan terpengaruh olehnya. Fluridone menghalangi pembentukan karoten (pigmen) di pertumbuhan tumbuhan. Jika karoten tidak ada, klorofil dikurangi oleh cahaya matahari. Sebab ini merupakan proses yang lambat dan tumbuhan dapat “timbul” jika fluridone dipindahkan, waktu kontak antara bahan kimia dan tumbuhan memerlukan waktu perawatan berminggu-minggu.
Fluridone cair telah digunakan secara luas dalam proyek pemberantasan ganggang danau. Formula baru dalam bentuk butiran granular juga  tersedia, dan kini sedang digunakan untuk  perlakuan danau secara utuh. Premis untuk menggunakan fluridone sebagai bahan pemberantasan ganggang adalah bahwa ganggang jarang menghasilkan benih yang sehat. Ini berarti bahwa menghentikan perkembangan tumbuh-tumbuhan dan mencegah penyebarannya melalui fragmentasi akan cukup efektif dalam memberantasnya. Ganggang sangat peka dengan fluridone dan secara teoritis mungkin memberantas 100 persen. Jika semua tumbuhan ganggang dibunuh dengan fluridone sebagai satu-satunya cara ganggang itu dapat tumbuh lagi di danau ada perkecambahan dari benih. Namun perkecambahan melalui benih jarang terjadi. 
Danau yang cocok diberatas dengan fluridone adalah danau yang ditumbuhi oleh ganggang yang sangat parah. Fluridone tidak cocok digunakan pada zona litoral atau pada area yang ditumbuhi ganggang secara berkelompok-kelompok kecil (lokasi kurang dari 5 are dalam badan air yang lebih besar) karena sulit untuk memastikan kecukupan waktu kontak antara tumbuhan dan herbisida yang akan dibasmi tersebut. Meskipun demikian, formula granular sedang mulai diujicoba efektifitasnya untuk area yang lebih kecil. Jika pembasmian ganggang dibatasi penggunaannya pada zona litoral, mungkin herbisida jenis 2,4-D atau triclopyr yang lebih efektif.
2,4-D merupakan bahan aktif herbisida yang bekerja relatif cepat dalam membasmi keseluruhan bagian tumbuhan (herbisida sistemik). Herbisida ini dianggap sebagai selektif untuk tumbuhan berdaun lebar jenis dikotil. Kabanyakan tumbuhan yang lain adalah monokotil (seperti rumput) dan tidak efektif dibasmi dengan 2,4-D.
Penggunaan fluridone telah sukses diterapkan dalam pengendalian ganggang di Danau Washington, namun tidak berarti dapat menjamin keberhasilan pengendalian ganggang dengan fluridone ini pada danau-danau yang lain. Masing-Masing lokasi mempunyai perbedaan karena banyak faktor lingkungan yang mempengaruhinya. Penggunaan fluridone pada suatu lokasi danau tertentu perlu mempertimbangkan faktor lingkungan.
Fluridone merupakan herbisida yang  tidak selektif. Semua jenis tumbuhan mulai dari yang tumbuh di bagian paling dasar (submersed weeds) maupun yang mengapung (floating weeds) dapat dibasmi dengan aplikasi fluridone. Oleh karena itu, untuk mencapai hasil yang diharapkan, fluridone harus diterapkan secara tepat dengan menggunakan tenaga ahli. Sebab cukup rumit menjaga kontak jangka panjang antara fluridone dan tumbuhan yang ditargetkan, merancang suatu rencana perlakuan dan konsentrasi pemantauan dari waktu ke waktu merupakan bagian penting pada masing-masing pengendalian gulma dengan fluridone.
Glyphosat merupakan herbisida sistemik yang berspektrum luas yang biasanya digunakan untuk mengendalikan tumbuhan yang berdaun mengapung seperti teratai. Biasanya diaplikasikan dengan air dan disemprotkan ke daun tanaman. Glyphosat tidak bekerja di bawah permukaan air sehingga tidak cocok untuk membasmi ganggang seperti ganggang Eurasian watermilfoil. Oleh sebab glyphosate merupakan herbisida spektrum luas dan non-selektif, maka penggunaannya perlu sangat hati-hati dan hasil yang baik tergantung pada pemakainya yang harus selektif mengarahkan semprotan hanya pada tumbuhan yang ditargetkan untuk dimusnahkan. Membutuhkan waktu berminggu-minggu bagi tanaman untuk mati sehingga pengulangan pengaplikasian perlu dilakukan sesering mungkin untuk membasmi tumbuhan yang luput dari penyemprotan pertama kali.
Endothall (bahan aktif) adalah herbisida kontak yang bisa bekerja secara cepat. Endothall mematikan bagian atas tanaman dan tidak mampu membasmi bagian akar yang tertanam dalam sedimen. Sampai saat ini endothall dipercaya dapat menghambat proses biokimia tanaman pada tingkatan sel.
Penggunaan endothall dengan tingkat rendah akan membasmi gulma eksotis seperti ganggang, dan membiarkan tumbuhan asli memulihkan diri. Penggunaan endothall bukanlah untuk eradikasi/pemberantasan, mungkin saja bermanfaat dalam pemeliharaan pada tingkat yang dapat diterima ganggang di dalam danau pada waktu tertentu di zona litoral dengan konsentrasi endothall yang rendah.
Berbagai metode dan teknik pengendalian gulma air yang telah dipaparkan dalam bagian ini mulai dari pengendalian secara biologi, fisik, mekanis dan kimia.
Dalam rangka pengendalian eutrofikasi gulma di perairan Lebo Taliwang, tentu saja masing-masing metode dan teknik tersebut memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Sehingga pemilihan dan penentuan metode dan teknik pengendalian harus disesuaikan dengan berbagai pertimbangan sebagaimana telah disampaikan terdahulu.
Penggunaan metode dan teknik kimia dalam pengendalian permasalahan eutrofikasi misalnya, tentu bukanlah satu-satunya pilihan yang dianjurkan. Ada pilihan-pilihan lain yang lebih aman dan semestinya lebih diutamakan, karena pengendalian secara kimia mempunyai dampak yang berspektrum luas. Tentu ini akan menjadi amat bertentangan dengan misi konservasi lingkungan, jika pengendalian secara kimia ini kemudian mengakibatkan kerusakan ekosistem biotik seperti hilangnya habitat berbagai fauna yang justru merupakan daya tarik yang dimiliki Lebo Taliwang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar